Pintu

Mendengar kata pintu, kita pasti langsung berpikir sebuah bidang persegi panjang yang berdiri tegak mengisi sebuah dinding. Dan ketika bidang tersebut terbuka kita dapat memasuki atau melihat ruang lain di sisi lainnya. Dalam kamus bahasa indonesia, pintu berarti tempat untuk masuk dan keluar, atau jika kita lihat di wikipedia pintu berarti sebuah bukaan pada dinding / bidang yang memudahkan sirkulasi antar ruang-ruang yang dilingkupi oleh dinding / bidang tersebut. Lalu apakah benar hanya itu arti dari sebuah pintu??

Pintu ditemukan manusia bersamaan dengan munculna kebutuhan manusia akan tempat berlindung atau bernaung. Bentuk awalnya memangnya hanya berupa lubang di dinding yang dapat dilalui untuk keluar masuk dari dan ke tempat bernaung. Lama kelamaan manusia membutuhkan perasaan aman yang lebih besar hingga muncullah bentuk pintu dengan penutup. Uniknya, bentuk tersebut berbeda beda disetiap bangsa dan kebudayaan. Perbedaan tersebut tentu dipengaruhi oleh kondisi alam maupun dari kebiasaan sehari – hari diwilayah tersebut. Pintu dalam kebudayaan india, misalnya, hadir dalam bentuk yang sangat masif dengan susunan balok kayu yang diperkuat rangka besi. Desain ini disesuaikan dengan kebutuhan penduduk india untuk berlindung dari serangan gajah liar disana.

sedangkan orang – orang yang tinggal di mediterania cukup dengan memanfaatkan juntaian manik – manik dari kayu yang digantung berjajar pada lubang pintu. Kegemaran bercakap – cakap dengan anggota keluarga dan teman menjadi latar belakang munculnya bentuk pintu seperti ini. Berfungsi sebagai penghalang visual, juntai manik – manik seperti ini masih mengakomodasi percakapan antarkerabat yang berlangsung di ruang lain. Uniknya lagi meskipun sudah ada sejak dulu, kecenderungan dan kebiasaan menerapkan pintu seperti ini masih dipelihara sampai sekarang.

Kini arti dan kehadiran pintu dalam tempat tinggal sudah semakin berkembang dan kompleks. Faktor keamanan, efisiensi dan kenyaman penghuni menjadi unsur yang wajib diperhatikan saat merencanakan letak pintu. Apalagi saat ini pintu dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari tempat tinggal yang harus mendukung fungsi keseluruhan bangunan dan kegiatan orang di dalamnya.

Dan untuk ukuran – ukuran pintu sendiri anda dapat anda menggunakan patokan ukuran berdasarkan peraturan SNI 03-0675-1989.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s