Awas bahaya asbes

Asbes (Asbestos) adalah sebuah grup mineral metamorfis berfiber. Nama ini berasal dari dari penggunaannya di lampu wick; karena tahan api dia telah digunakan dalam banyak aplikasi.

Namun, penghirupan dari beberapa jenis fiber asbestos dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, dan oleh karena itu kebanyakan penggunaan asbes telah dilarang di banyak negara. Fiberglass merupakan pengganti yang cocok dari asbes untuk insulasi panas dan fiber keramik tenun sama baik atau lebih baik sebagai insulator konduktor listrik suhu-tinggi.

Asbes sering dipakai dalam konstruksi, diantaranya sebagai langit – langit rumah / kantor, atap ataupun sebagai pembatas ruangan. Sebagian besar sudah banyak yang tahu bahwa asbes sudah dilarang lagi dipakai sebagai material konstruksi, tetapi masih ada juga yang awam akan hal itu dan masih memakainya. Peringatan berbahaya baru hanya diketahui oleh para engineer, kontraktor, arsitek atau semua yang terbiasa terlibat dalam konstruksi bangunan.

Tetapi banyak orang awam yang membangun sendiri rumah dan mereka tidak mengetahui bahaya dari asbes itu, dan juga asbes itu sendiri masih juga diperjual belikan di toko toko material, sehingga ini menambah atribut pemakaian asbes itu selain ketidak tahuan orang orang awam akan bahaya asbes. Walau banyak artikel – artikel yang bilang dapat mengurangi resiko berbahayanya asbes, tetapi menurut saya itu hanya dapat mengurangi sedikit dari bahaya asbes, tetap saja debu – debu dari asbes dapat berjatuh dan terhirup oleh hidung kita.

Memang asbes itu mempunyai keuntungan seperti bahannya ringan, tidak mudah rusak atau jebol, rumah menjadi lebih terasa sejuk karena sifat asbes yang tidak menyerap panas (dari matahari) dan tentunya juga harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan bahan bangunan yang lain serta hampir semua toko bahan bangunan menjualnya (mudah didapatkan).

Jangan karena hal – hal diatas lantas anda mengabaikan kesehatan keluarga anda, masih banyak kok di toko material yang dapat digunakan sebagai pengganti asbes. Maka jika anda peduli dengan keluarga anda, jangan lah anda menggunakan asbes sebagai material konstruksi rumah anda.

Selain penyakit yang saya tulis diatas, pernah dengar ASBESTOSIS, ini adalah penyakit yang disebabkan terhirupnya partikel – partikel dasar asbes. (Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang penyakit ini, silakan anda klik link ini menuju ke Wikipedia. ) Penyakit ini menyerang paru-paru manusia. Bahkan penyakit ini dapat mengakibatkan kematian!

Proses kejadian itu berlangsung karena penghuni rumah yang bahan bangunan atapnya terbuat dari asbes akan selalu menghirup dan menelan partikel-partikel kecil yang tak terlihat oleh kasat mata yang berasal dari bahan asbes itu. Lho, atap asbes kan padat ? Terlihat padat. Karena proses penguapan, panas, dingin, hujan dan perubahan lainnya yang tak disadari pada atap asbes itulah yang menguraikan partikel padat asbes itu terurai menjadi partikel yang jauh lebih kecil seperti debu. Dan itu akan terikut terhirup saat penghuni rumah bernafas. Dan akhirnya menumpuk di bagian paru-paru kita.

Maka oleh karena itu mari kampanyekan kepada keluarga – keluarga anda, saudara – saudara anda bahkan teman – teman anda tentang berbahayanya asbes. Marilah kita semua menjadi warga yang cerdas dan sehat.
Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s