Obama dan ‘The Beast’ Setianya

Kemana pun Presiden Amerika Serikat Barack Obama pergi, The Beast ini selalu menemani. Begitu juga ketika berkunjung ke Indonesia, The Beast siap melindungi Obama.

Ya, The Beast ini bukan makhluk aneh yang kejam, tapi mobil limusin kepresidenan Obama yang bermerek Cadillac. Limusin ini sudah terlihat di parkiran Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

Ada 2 mobil limusin yang sudah terparkir di bandara. Dua mobil Cadillac tipe Presidential Limousine itu bernopol 800 002 dan 800 001. Keduanya berwana hitam mengkilat. Salah satu mobil berkaca gelap dan anti peluru itu akan ditumpangi Obama dan Michelle. Rencananya mobil limusin ini akan mengangkut Obama dan istri serta rombongannya. Presiden Obama sendiri dijadwalkan tiba sore ini juga.



Seperti apa sih mobil limusin Obama? Eksterior mobil Obama ini seperti Cadillac STS dan DTS tetapi mengalami sedikit perubahan.

Untuk menahan proyektil peluru, mobil dipres dengan menggunakan berbagai logam seperti aluminium, titanium dan material keramik.

Pintu setebal 8 inci yang hampir mirip dengan pintu kabin pesawat Boeing 787 terpasang untuk menambah keamanan Obama.

Ban terbuat dari serat kevlar yang tahan bocor berkat teknologi run-flat tyre serta pelek baja masih bisa melaju jika ban terkelupas.

Fitur keselamatan bukan hanya itu saja, di mobil juga tersedia cadangan darah untuk Obama, persediaan oksigen, kamera night vision, gas air mata dan sejumlah fasilitas lain.

Dengan semua perlengkapan itu, walhasil, mobil Obama cukup berat, mobil ini pun hanya memiliki kecepatan maksimal 96 km per jam dan menghabiskan bahan bakar setiap 3,4 km per liternya.

Dari sisi interior, untuk jok seperti halnya Cadillac CTS juga dijahit dengan tangan. Kursi penumpang belakang, sangat luas dengan tempat duduk eksklusif untuk Obama dan staf eksekutifnya.

Logo presiden bordiran ditempatkan di tengah panel jok belakang Limo. Stempel presiden juga tertempel di luar pintu belakang.

Dengan Cadillac, Obama berarti menambah panjang deretan presiden AS yang menggunakan limo mewah ini. Peran Cadillac dimulai pada Perang Dunia I.

Deretan pengguna Cadillac adalah Woodrow Wilson, Franklin D. Roosevelt, Harry S. Truman dan Dwight D. Eisenhower, John F. Kennedy, Lyndon B. Johnson, William J. Clinton, Ronald W. Reagan dan George W Bush. Dan kini Obama mencicipi Cadillac.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s