Rubik Hancur

Rubik saya pernah hancur dua kali, satu yang rubik 4×4 dan yang paling baru adalah rubik 5×5 saya. Ini terjadi tidak sengaja, bukan maksud curang…hehehe. Tapi karena ketika lagi solving rubik, ternyata terlepas salah satu keping sisi rubik. Pertama kali sih pusing minta ampun ketika hal ini terjadi, waktu kejadian rubik 4×4 saya hancur, saya langsung cari di youtube untuk cara memperbaikinya dan berhasil. Dan ketika kini rubik 5×5 saya yang hancur, kalo yang satu ini dibuat hancur oleh teman saya, ketika kita sedang nongkrong di cavenet di pasaraya. Dengan modal kemampuan pernah memperbaiki rubik 4×4 tentunya saya bisa lebih tenang lagi menghadapinya (“lebay mode on”).

Saya mau berbagi tips jika anda mengalami masalah dengan rubik seperti saya alami. Pertama tetap tenang, kedua pertahankan sisi rubik yang lain jangan sampai hancur atau lepas dari posisinya, ketiga kumpulkan semua keping dari rubik dari yang terpental . Keempat adalah coba kalian lihat semua bentuk – bentuk keping rubik itu, tentunya bentuknya aneh – aneh, kalian kumpulkan dan atur sesuai dengan bentuknya.

Kelima coba anda lepas dengan perlahan posisi rubik yang lain yang masih utuh atau masih diposisi tempatnya, dan kalian lihat bentuknya cara pasangnya. Tapi jangan di lepas semuanya, hanya pada posisi yang kalian bingung untuk memasangnya.

Maksudnya begini, jika yang hancur adalah posisi disebelah kanan dan kalian tentu akan coba pasang kembali rubiknya dan tentunya kalian tidak tahu cara pasangnya kembali. Coba kalian lepas pada sisi disebelah keping rubik yang lepas, ingat hanya satu sisi saja dan sedikit demi sedikit sambil diingat – ingat posisinya.

Keenam pasang sisi rubik yang terlepas itu dengan cara memperhatikan contoh dari sisi rubik sebelahnya yang kalian hancurkan. Setelah rapih, tentu kalian akan terganjal oleh sisi rubik yang tidak bisa lepas.

Jangan ada tarik …. saya ingatkan jangan coba – coba anda tarik, nanti patah, karena sebenarnya didalamnya ada baut yang tersembunyi dan tak terlihat. Ini selalu berada pada posisi tengah rubik.

Coba kalian perhatikan pada keping rubik yang ditengah itu, kalian akan menemukan ada sebuah garis pemisah antara badan keping dan bagian luarnya, dan ternyata itulah penutup tempat menaruh baut. Coba kalian lepas penutup itu dengan mencongkel di garis itu dengan kuku atau apa saja yang pipih. Pelan – pelan jangan sampai sisi rubik yang lain hancur. buka bautnya dan lepas bagian badan keping ditengah itu, dan mulai memasang kembali sisi – sisi rubik pada bagian di antara keping ditengah itu, setelah selesai pasang kembali keping rubik pada bagian ditengah itu. Dan anda berhasil memperbaiki rubik anda.

Hal yang perlu diingat adalah ketika anda memasang keping rubik itu, coba pasang diurutkan juga berdasarkan warnanya. Tapi jika tidak bisa karena ketika keping rubik anda terlepas, posisi rubik anda sedang pada posisi sedang solving, tentunya tidak akan bisa berurut pada posisinya.

Dan ini tips untuk yang sudah berhasil mensolving rubiknya, coba anda solving rubik anda semampunya sejauh mana, jika setelah anda solving ternyata tidak pernah berhasil di solving, berarti anda ada yang salah menaruh posisi keping rubik anda.

Tipsnya adalah buka pada posisi yang tidak berhasil di solving, biasanya pada layer teratas atau terakhir, jadi anda cukup buka lagi keping tengah pada layer atas itu dan betulkan posisinya sesuai tempatnya dan rapihkan kembali rubik anda.

Tapi jika anda termasuk golongan yang belum pernah berhasil mensolving rubik anda, terpaksa anda menghancurkan semua sisi rubik dan menyusunnya satu persatu hingga selesai. Tentunya ini memakan waktu dan kesabaran yang lebih extra.

Dan satu lagi jika anda terlanjur menghancurkan atau tidak mempertahan sisi keping rubik anda ketika kejadian terlepas pertama kali. Anda sangat – sangat butuh tutorial cara memasangnya untuk kasus seperti ini, karena kalian tidak tahu posisi keping – keping itu. Dan tutorial itu bisa anda search di youtube.

Semoga bermanfaat, maaf saya tidak menaruh posisi setiap keping rubik saat cara memasangnya, karena setiap jenis rubik akan berbeda bentuk kepingnya, maksudnya rubik 3×3 beda dengan rubik 4×4 dan juga berbeda dengan rubik 5×5, tetapi jika anda punya 2 rubik 3×3 tentunya sama bentuk keping didalamnya.

5 responses to “Rubik Hancur

  1. apa namanya kalau di you tube bro??

    #mohon jawabannya

  2. gan minta bantuannya dong buat nyusun rubik 4×4 kl semuanya crash😀 thank you

  3. Namonyo eek eek bro……

  4. Sangat eek eek eek eek eek eek eek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s