Rubik

Rubik merupakan sebuah mainan teka teki mekanis yang pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik dan menggunakan namanya untuk main tersebut. Rubik yang pertama kali dibuatnya adalah rubik 3×3. Kemudian berkembang jenis rubik yang lainya, seperti rubik 2×2, rubik 4×4, rubik snake dan masih banyak lagi. Kalo saya, kenal rubik pertama kali kira – kira 5 tahun yang lalu, beli yang murahan. Dan mencoba untuk menyelesaikan tapi tak berhasil hingga pernah rubik itu saya bongkar dan merapihkan bentuknya lalu berusaha membalikkannya kembali, tapi masih tidak berhasil. Dan waktu itu beranggapan hanya orang yang jenius saja yang dapat menyelesaikannya. Hingga ketika kuliah di UI dan bertemu dengan seorang teman yang bernama budi, yang berhasil menyelesaikan rubik dan itu baru membuka pikiran saya bahwa rubik bisa diselesaikan. Dan dia mengasih beberapa tutorial cara penyelesaiannya, ketika itu saya hanya membacanya tanpa mencobanya. Pada waktu itu saya sudah tidak punya rubik lagi, jadi menambah kemalasan untuk mencoba, hingga liburan semester ini ketika sedang bermain toko buku di detos melihat ada yang menjual rubik. Saya membeli rubik dengan kualitas kurang bagus kala itu, setelah mempraktekkannya dan ternyata saya mulai paham cara penyelesaiannya. Didalam tutorial itu dibagi dalam 6 stage, dan pada hari pertama saya berhasil menguasai 2 stage, lalu pada hari berikutnya sampai ke stage 4. Dan ketika memasuki stage ke 5 saya mulai mengalami kendala tak dapat memahami tutorial tersebut. Walau pada saat itu sempat secara tidak sengaja berhasil menyelesaikan rubik itu sampai finish, tetapi masih belum bisa memahami langkah dalam tutorial itu. Hingga liburan mulai berakhir  dan bertemu budi kembali. Dan saya meminta penjelasan stage 5 dan stage 6, setelah saya berhasil memahaminya. Langsung saja dalam satu hari itu bisa 2 – 3 kali finish. Masih sedikit ya, iya karena langkah stage 6 belum sepenuhnya dikuasai. Dan pada hari berikutnya barulah menguasai stage 6. Setelah satu hari latihan, pada hari – hari berikutnya saya sudah bisa menyelesaikan rubik saya dalam waktu 5 – 10 menit dan waktu terbaik saya adalah 4 menit 40 detik. Kemudian mulai jadi keranjingan supaya bagaimana supaya bisa lebih cepat lagi, setelah membaca beberapa artikel di internet, ternyata ada orang yang mampu berhasil selesai dalam waktu di kisaran waktu kurang lebih 20 detik…..wau menakjubkan. Dan menurut dia faktor kualitas rubik mempengaruhi kecepatan, rubik yang bagus tidak suka macet atau nyangkut ketika kita mainkannya selain tentunya ada beberapa trik langkah cepatnya yang mereka sebut dengan nama algoritma. Dan saat ini saya baru mau mencari rubik yang mempunyai kualitas bagus tapi harganya gak bikin kantong bolong :d, karena harga rubik asli mencapai ratusan ribu rupiah loh. Sekian dulu tulisan ini, hari ini mau hunting rubik dulu ya dan mau membeli rubik jenis 2×2 dan 4×4. Mulai kena virus rubik nih :d

Leave a Reply

