7 kiat berbisnis (meraih kesuksesan di depan mata)

Kita pada dasarnya cenderung enggan berbisnis, kita lebih meilih menjadi seorang pegawai negeri sipil, karyawan swasta, atau pun buruh, daripada menjadi seorang pengusha. Apalagi bagi orang yang belum pernah memulai usaha sama sekali. Ketakutan akan berbisnis menkjadi penghalang bagi kita untuk memulai. Padahal kunci utama berbisnis adalah memulai dengan rasa optimisme tinggi. Sebetulnya kesuksesan sudah ada di depan mata kita, namun kita harus berusaha dan tau bagaimana cara untuk menggapainya. Cara untuk menggapainya adalah dengan kita berusaha keras dan tidak pernah menyerah karena The Winner Never Gives Up
Ada 7 kiat agar kita mudah berbisnis :

1. Mulailah berbisnis dengan sikap optimisme
Diibaratkan kita sedang mendorong mobil yang sedang mogok, awalnya berat sekali mendorong mobil itu, tetapi ketika sudah bergerak akan terasa lebih ringan. Sama halnya dengan bisnis pasti akan terasa berat ketika akan memulai, pikiran kita dipenuhi dengan rasa khawatir tentang bagaimana kedepannya, ketakutan akan kegagalan. Lupakan hal itu, percaya pada kekuatan pikiran kita, apabila kita berfikir optimis maka akan terjadi ha-hal yang baik. Agar terasa lebih ringan mari mulailah berbisnis tanpa pikir panjang dan tanpa planning tapi dengan sikap optimisme yang kuat. Salah satu pengusaha yang pernah sukses dengan cara ini adalah Bob Sadino. Saya rasa anda sudah tahu siapa bob sadino.

2. Pelajari bisnis anda
Jangan pernah malas untuk mempelajari bidang bisnis yang sedang anda tekuni, karena dari situ anda bisa membuat produk anda lebih unggul, mempunyai ciri khas dari produk pesaing anda bila perlu lakukan riset. Jangan lupa pelajari juga seluk beluk lingkungan produk anda karena hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan innovasi-innovasi terhadap produk sesuai yang konsemen inginkan. Tak salah juga walaupun anda baru memulai uasaha untuk mempelajari strategi-strategi dalam bisnis profesional, seperti strategi pemasaran, diferensiasi, strategi keunggulan biaya dan lainnya. Semakin banyak anda tahu, semakin banyak yang bisa anda lakukan untuk bisnis anda. Seperti halnya Bob Sadino, walaupun beliau tidak mempunyai pendidikan dalam berbisnis, tetapi beliau selalu mempelajari bisnisnya dan terus belajar hingga produknya selalu unggul.

3. Mencari pelanggan
Banyak cara untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Cara yang baik adalah mengetahiu sifat konsumen.
Diantaranya adalah semua konsumen pasti suka dengan pelayanan yang baik. Layani konsumen dengan sebaik-baiknya, sering-sering berinteraksi dengan konsumen, bahkan kalau perlu anda kenal dengan konsumen, karena semakin dekat dengan konsumen, konsumen tidak canggung untuk mengutarakan kritik dan saran mengenai produk anda, dan itu baik untuk perbaikan produk anda.
Konsumen senang menawar
Ini penting untuk pemula, jangan mengharapkan keuntungan yang besar di awal-awal bisnis, anda harapkanlah pelanggan yang banyak. Berilah konsumen dengan harga yang ia minta namun anda juga jangan sampai mengalami kerugian, maka konsumen akan senang dan dapat dipastikan dia akan kembali untuk membeli produk anda, ini juga mempercepat produk anda dikenal oleh konsumen lain.
Itu salah satu cara untuk mencari pelanggan, dan masih banyak cara lain yang bisa anda pelajari dari buku maupun situs internet.

4. Berbisnislah dengan jujur
Kejujuran merupakan kunci kesuksesan dalam segala hal.” Ingatlah apabila anda menanam kebaikan maka anda akan menuai seribu kebaikan”. Apabila anda jujur, sekiranya anda gagal dalam bisnis ini, anda masih bisa memulai bisnis lagi dengan tenang, namun apabila anda tidak jujur dalam bisnis dan suatu ketika gagal, anda akan kesulitan memulai bisnis lagi dan bahkan mungkin anda akan hancur selamanya.

5. Buat suatu managemen bisnis anda
Apabila bisnis anda telah sukses dan semakin berkembang maka anda akan kesulitan mengatur serta mengawasi aktifitas bisnis anda apabila tidak dibuat suatu manajemen. Oleh sebab itu anda juga perlu tahu tentang manajemen bisnis.

6. Berdoa dan selalu bersyukur
Setelah anda berusaha sedemikian kerasnya anda jangan lupa bahwa yang menentukan adalah Allah SWT, sering-seringlah berdoa dan memohon kepada-Nya dan syukurilah setiap nikmat yang Allah berikan kepada kita. Senantiasa selalu bersabar, karena kita dituntut untuk sabar.

7. Apabila gagal, mulailah kembali Insyaallah yang berikutnya berhasil
Dalam berbisnis pasti ada pasang surutnya, dan tak bisa dipungkiri bahwa mungkin kita akan mengalami kegagalan. “Tuhan memberikan makanan kepada setiap burung, tetapi tidak dijatuhkan tepat disarangnya”, sama halnya dengan kita bahwa Allah memberikan kesuksesan kepada setiap manusia, tetapi tidak langsung diberikan kepada kita melainkan kita harus berusaha untuk mencari dan menggapainya. Oleh sebab itu jangan mudah menyerah dan putus asa cobalah untuk memulai lagi dari awal, sebab pemenang tidak pernah menyerah (The Winner Never Gives Up)
Mungkin tersirat dibenak anda “modal dari mana duitnya sudah habis”. Buang jauh-jauh pikiran itu sebab apabila anda benar-benar berusaha hambatan itu tak jadi masalah. Sudah banyak orang yang sukses dengan memulai bisnis tanpa uang sama sekali, juga sudah banyak referensinya di buku maupun dari internet. Contohnya seperti M Suyanto, beliau adalah ketua yayasan STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA dan pendiri puluhan perusahaan lainnya, beliau juga pernah beberapa kali mengalami kegagalan dalam berbisnis dan pernah memulai bisnis tanpa uang.

sumber dari : http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=24868

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s