Meningkatkan Kinerja Beton Dengan Aditif Mineral

Untuk meningkatkan kinerja beton, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, mengurangi porosi beton dengan cara mengurangi jumlah air dalam adukan beton. Kedua, menambahkan aditif mineral seperti silicafume, copper slog, abu terbang (fly ash), abu sekam padi, precious slag ball atau yang lainnya. Ketiga, menambahkan serat pada adukan beton. Keempat, menggunakan beton dengan sifat pemadatan mandiri atau self compacting concrete.

Dalam pembuatan beton, semen merupakan salah satu komponen yang paling mahal sehingga sangat menentukan harga beton. Salah satu cara menekan harga beton adalah dengan mengurangi penggunaan semen. namun, untuk menghasilkan beton bermutu dan berkinerja tinggi, jumlah se­men yang dikurangi harus digantikan dcngan zat aditif lain atau juga disebut filler.

Dengan penambahan zat aditif atau filler ini diharapkan tidak menyebabkan turunnya kekuatan beton tapi meningkatkannya atau paling tidak mempunyai kekuatan yang sama. Tentunya dalam penambahan ini perlu data hasil penelitian yang dapat menyatakan komposisi yang sesuai sehingga kekuatan beton ini dapat meningkat.

Zat aditif atau filler ini dapat dibagi dua, pertama filler yang dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan semen dan kedua filler yang digunakan sebagai pengganti aggregate.

Zat aditif yang dapat mengurangi semen, contohnya seperti silicafume dari limbah industri silica, abu terbang (fly ash) dari limbah pembakaran batu bara, abu sekam padi dari limbah penggilingan padi atau yang lainnya. Zat ini tidak dapat digunakan untuk pengganti semen tapi bisa digunakan untuk mengurangi semen, karena dalam zat-zat ini hanya sebagai penguat ikatan rekatan.

One response to “Meningkatkan Kinerja Beton Dengan Aditif Mineral

  1. penemuan terbaru bahan kimia yang lebih keras dari aspal dan Batu, bentuk bubuk bisa dilarutkan dalam air, 1 sak 25 kg, harga per kg Rp. 650.000,-, 1kg untuk 1m3 tanah,

    tanah bila disiram larutan ini kemudian akan mengeras langsung menjadi Batu dan lebih kuat 10 kali dari Batu,
    aditif pengeras beton,hardener beton,pengeras beton,aditif percepat pengeras beton,

    Minat mencoba hubungi saya Ferdi 085649842128

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s